Senin, 08 April 2013

Resep Tteokbokki ( 떡볶이)
Searching resep tteokbokki di internet mah banyak, di sini cuma sharing aja sih, dari berbagai sumber dan pengalaman ^^.  Di Korea saat musim dingin, kayaknya enak ya sejenak menghangatkan diri, mampir di warung tenda (pojangmacha ) sambil makan Tteokbokki.  Berasa udah ke sana aja,,hehe.
bikinnya ga sesusah yang dibayangin kok.  Pertama kita buat dulu bahan dasar Teokbokki yaitu kue beras (sticky rice ) atau tteok ( ) yang disebut dengan garae tteok ( 가래 ).  Di sini, komposisi adonan garaetteok cuma 1/2 dari resep biasa yang beredar di internet, untuk yang pertama kali membuat garaetteok untuk yang ga terlalu suka kue berasnya(kayak aku, lebih suka isiannya :p ).  Kalo udah ada garaetteok yang instant sih langsung ke step 2 aja… tapi ada yang bilang, garaetteok instant banyak yang menggunakan alcohol (sake beras kayaknya) pada pembuatannya, jadi ya mending bikin sendiri aja, yang halal...

Step 1-garaetteok
Bahan:
100gr tepung beras
50ml cup air 
2 sdt garam
ada juga yg menambahkan minyak wijen sekitar 1 sdm ke dalamnya
kalo perlu tambahkan juga sedikit ebi (udang asin) dan bumbu masak


untuk menguleni setelah dikukus, siapkan juga 1 cup air + 1sdt olive oil/minyak masak/minyak wijen (kemudian disebut air minyak)


Caranya :
Siapkan dulu kukusan biarkan mendidih. Sementara itu aduk tepung beras dengan garam lalu tambah air sedikit demi sedikit aduk perlahan menggunakan garpu sehingga adonan seperti remah-remah (crumble) jangan sampe adonan menjadi satu ,lalu kukus kurang lebih 25-40 menit, intinya sih sampai matang.  Oia kalo liat dari videonya sih kukusan dan tutup kukusan dialasi/diselimuti kain bersih, agar tidak terlalu banyak air.  Ga boleh kekurangan air juga sih biar gampang diuleninya.

Angkat dan masukan kukusan tepung beras tadi dalam bread machine ,kalo ga ada bisa juga di mixer pakai K beater, kalo mixernya ga ketemu(pengalaman, buru2 bikin ga siapin kebutuhannya :p ) ya manual pakai tangan, emang lumayan bikin tangan pegellll haha.  Lakukan hingga kukusan tepung tadi benar2 lembut sampe adonan halus dan lengket bila dipegang, kalis kayak adonan donat gitu deh.  proses ini lumayan lama bisa sampe 20 menit, ngemixernya juga harus hati2, cukup memakai speed rendah lantaran tugas si mixer bener2 berat, kalo pakai tangan sih bisa 1jam lebih(tergantung kekuatan orangnya juga sih). Pokoke sampai kalis :D.  bisa juga sambil basahi tangan dengan sedikit air minyak sambil menguleni.  Lumuri juga meja kerja/talenan dengan air minyak, setelah kalis, mulailah gulung menggulung hingga adonan berdiameter kurang dari 1 cm lalu potong dengan panjang 3cm sampai 8cm sesuai selera, asal ukurannya sama aja, biar tampilannya bagus.

Adonan sticky rice cakes ini bisa disimpan di kulkas/frezzer kalo mau digunakan tinggal keluarkan dan biarkan ke suhu ruang baru bisa di proses.  Ga jadi nasi aking kok :p tapi belum tau sih bisa bertahan berapa lama, mungkin 1minggu.


(if you like this photo, please vote in here, but you must sign up in there to vote,,hehehe)


Step 2-Tteokbokki ( 떡볶이 ):
Ya sekarang tinggal membuat tteokbokkinya, bahan isi sih sesuai selera aja.

Bahan: 
Isi:
200 g Tteuk (kue beras)
1/4 buah bawang bombay
30 g wortel
3 muncang (daun bawang)
2 buah jamur Shitake kering
1 buah cabe hijau dan merah, iris melintang (bila perlu)
Bisa juga ditambahkan bakso ikan(berbagai macam)/sosis/daging apapun

Bumbu:
2 sdt minyak goreng/minyak wijen
1 sdm bubuk cabe merah (bila perlu)
2 sdm Kochujang
3 ekor ikan gesek kecil
1 sdm bawang putih yang dicincang halus
1/2 sdm gula pasir
3 sdm kaldu daging
sedikit biji wijen, lada hitam, dan minyak wijen

Cara membuatnya tinggal memasukkan bumbu dan isinya saja.
Sebelumnya Siapkan bahan isinya, dengan Potong memanjang bahan isi dengan ukuran yang sama. Jamur Shitake bisa diiris tipis (yang telah direndam dengan air panas hingga lunak).

Panaskan minyak dalam wajan lalu tumis bawang bombay, setelah matang, masukkan bumbu. tambahkan air secukupnya bila perlu, ya biar ga gosong. kemudian tambahkan garaetteok, setelah bumbu teresap,  masukkan bahan isi. Tumislah hingga bumbu diresap pada tteok. Tteokbokki siap disajikan. ^^

1 komentar:

  1. Hello readers!

    Kami dari KOREAN FOOD HEAVEN. Kami ada menjual aneka makanan Korea yang halal (tidak mengandung babi ataupun arak). Mulai dari kimchi, tteokbokki, garraetteok, jajangmyun, oden, dll. Ada juga perlatan makan dan pernak-pernik asli Korea lainnya.

    Semua bahan makanan yang kami gunakan untuk membuat makanan adalah 100% impor DAN sudah kami cross-check ke pabrik produsennya untuk mengkonfirmasi bahwa tidak ada satupun produk yang kami gunakan mengandung unsur babi ataupun arak.

    Silahkan cek [ http://www.tokopedia.com/koreanfoodheaven ] untuk melihat katalog produk kami. Silahkan hubungi kami via email [ koreanfoodheaven@gmail.com ] atau LINE ID [ aya838aya ] atau SMS [ 0853-6108-4381 ] untuk informasi dan keterangan lebih lanjut.

    Jangan lupa follow instagram untuk update terbaru! Banyak promo dan giveaway loh: @_koreanfoodheaven_

    ^^ Gomapseumida/ Terima Kasih ^^

    BalasHapus